Alat Peraga

 Home / Peralatan / Alat Peraga

Mengapa Menggunakan Alat Peraga?


Dalam proses belajar-mengajar, panca indera dan seluruh kesanggupan seorang anak perlu dirangsang, digunakan dan dilibatkan. Dengan demikian, anak tak hanya mengetahui, namun juga dapat melakukan apa yang dipelajari.

Alat Peraga dan Aktifitas dipakai untuk mendapatkan hasil maksimal dari pengajaran Firman Tuhan kepada anak-anak.

Menurut Ilmu Pendidikan, kita bisa mengingat dari yang kita:


Dengar:
20%

Dengar dan Lihat
50%

Dengar, Lihat dan Ulangi/Diskusikan
70%

Dengar, Lihat, Diskusikan dan Lakukan
90%

Jenis-jenis Alat Peraga

  • Gambar Cerita

    Satu cerita Alkitab mulai hidup di mata anak melalui sebuah gambar. Gambar akan merangsang dan mengembangkan imajinasi anak.


  • Gambar Seri

    Hubungan cerita dan gambar seri sangat dinikmati anak. Gambar dari minggu pertama akan ditunjukkan lagi pada minggu selanjutnya, kemudian ditambah gambar selanjutnya


  • Flash Card

    "Flash" berarti hanya sepintas. Ketika guru bercerita, gambar berganti-ganti sesuai dengan cerita. Bercerita dengan Flash Card sangat menarik untuk anak.


  • Gambar Berkembang

    Terdiri dari selembar kertas bergambar untuk dasar, dan unsur-unsur yang akan ditempel pada kertas tersebut. Alat peraga ini bisa digunakan untuk beberapa minggu


  • Gambar Selip

    Paling sedikit memiliki dua lapisan kertas, sehingga satu unsur gambar dapat diselipkan atau digerak-gerakkan diatas lapisan bawahnya.


  • Gambar Dinding

    Terdiri dari sehelai kertas kosong, biasanya cukup besar dan panjang. Sambil bercerita, guru menempelkan beberapa gambar pada kertas tersebut.


  • Peta

    Melalui peta, anak bisa mengerti mengenai tempat-tempat yang disebutkan dalam Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Peta dipasang di dinding sebelum anak masuk ke dalam kelas.


  • Papan Tulis

    Peran papan tulis tidak kalah pentingnya sebagai sarana mengajar. Semua mengenal papan tulis sebagai media alat tempat menulis.


  • Papan Flanel

    Untuk papan flanel terdapat 3 macam gambar: gambar yang dibuat khusus untuk papan flanel sesuai usia anak, gambar yang bersifat pola terbuat dari guntingan kain, dan gambar yang digunting dari majalah umum.


  • Boneka Jari

    Khususnya dipakai untuk kelas kecil. Orang-orangan kecil yang dipasang pada jari sangat menarik karena bisa digerak-gerakkan. Boneka tersebut akan dipakaikan di jari guru.


  • Wayang

    Wayang adalah gambar orang yang dipasangkan pada sebuah kayu kecil/stik yang dipegang oleh guru. Alat peraga ini bisa juga dipadukan dengan sebuah gambar latar belakang.


  • Rumah Palestina

    Rumah Palestina adalah alat peraga berbentuk rumah yang dipakai pada jaman Tuhan Yesus. Untuk melengkapi alat peraga ini disediakan juga orang-orangan sebagai pemeran cerita.


Keterangan:

Untuk mempelajari lebih dalam tentang apa itu alat peraga, bagaimana cara menyiapkan dan menggunakannya dengan baik dan benar, silahkan membaca buku Pedoman Pelayanan Anak.


Tiap alat peraga memiliki keunikannya masing-masing dan memiliki target usia yang berbeda. Ada alat peraga yang bisa digunakan untuk semua golongan umur, namun ada pula yang spesifik ke golongan umur tertentu


Tiap buku Suara Sekolah Minggu akan dilengkapi dengan sekumpulan alat peraga yang sesuai dengan buku tersebut. Petunjuk penggunaan masing-masing alat peraga terdapat di dalam buku SSM yang terkait


Terdapat juga seri alat peraga dalam bahasa Inggris, Mandarin, Vietnam, Benggali, Urdu, dan Arab.


Seluruh alat peraga berada dibawah hak cipta Yayasan Sunfokus Indonesia.


Alat peraga tidak bisa dibeli per jenis. Contoh: Tidak bisa membeli alat peraga jenis flash card saja. Alat peraga terkumpul berdasarkan masing-masing buku yang terkait.


Kumpulan Alat Peraga:









  •   Jalan Trunojoyo Gang 2C/No. 18
         Kota Wisata Batu 65313, Jawa Timur
  •   0341-5025605
  •   0341-511931
  • sunfokus.indonesia@gmail.com

Sunfokus Indonesia

Kami memiliki kerinduan untuk melayani Tuhan khususnya dalam bidang pelayanan anak. Kami menyusun bahan-bahan sekolah minggu yang berkualitas, serta memberikan pelatihan bagaimana menggunakan bahan tersebut.


Read more

Galeri

Ke halaman Galeri


Kursus Intensif GSM 2015